Selamat Datang Di Kota Lhoksukon, Mari berbagi Ilmu dan Berita

Selasa, 11 September 2012

Mengedit Build.Prop untuk memaksimalkan kinerja Android





















Kali ini ane mo share lagi sedikit ilmu tentang Android yang biasa di gunakan oleh para developer yaitu kustomusasi BUILD.PROP, syarat HH harus sudah di root :

  1. Pakai Root Explorer : buka folder system kemudian cari build.prop
  2. Di Root Explorer jangan lupa di mount ke R/W
  3. Tap yang lama itu build.prop terus pilih “view in text editor
  4. Setelah selesai di edit di save terus restart HH ente.
 Script yang kita edit pada bagian ini yang berhubungan untuk mengatasi hal-hal sebagai berikut :
  1. HH agan pernah restart-restart pas jalanin program berat? Itu karena Dalvik heapsize agan yang kecil tapi proses background yang jalan terlalu banyak buat mengatasinya tinggal kita lebarin aja kok. Cari string ini di build.propnya : “ dalvik.vm.heapsize=24m ” -> Default HH biasanya Buat memperbesarnya bervarian, tapi rata-rata kebanyakan orang cukup lancar ketika diganti ke 32m, namun bisa ditingkatkan lagi ampe 36m, 40m, 48m. (Kalo handset gw, gw set di 40m, dan sudah sangat nyaman).
  2. Scrolling kurang smooth? Tambahin string ini pada build.prop anda : “windowsmgr.max_events_per_sec=110“. Maksud dari angka 110 adalah setiap 1 detik terjadi 110 event/frame yang diproses, makin banyak event yang terjadi, semakin smooth tapi kinerja CPU otomatis meningkat, bisa diatur sendiri. (Kalo gw, gw set di 450).
  3. Supaya agak hemat batere kita nih pas lagi make Wi-Fi. Tambahin string ini pada build.prop anda : “wifi.supplicant_scan_interval=180“ Gunanya buat mengurangi waktu pengecekan Wi-Fi supaya lebih hemat batere, kalo default dia bakal nyari terus, dengan string ini kita bikin dia ngecari Wi-Fi setiap 3 menit sekali (180 detik).
  4. Buat bikin layar lebih responsif ketika dimatiin/dinyalain. Tambahin string ini pada build.prop anda : “mot.proximity.delay=100
  5. Bikin HH ente lebih responsif pas dapet telpon dari luar, Tambahin string ini pada buildi.prop anda : “ro.telephony.call_ring.delay=1000
  6. Ningkatin 3G/GPRS. Tambahin string ini pada build.prop anda :
  • ro.ril.hep=1
  • ro.ril.hsxpa=2
  • ro.ril.enable.dtm=1
  • ro.ril.gprsclass=10
  • ro.ril.hsdpa.category=8
  • ro.ril.enable.a53=1
  • ro.ril.hsupa.category=5
Setelah ane nambahin string ini ane merasakan kecepatan yang ruarrr  biasaaa dari pada sebelumnya.
Semoga bermanfaat.......
 

1 komentar:

  1. makasih banyak sharenya gan, izin ss tutornya ya. makasih banyak 😀

    BalasHapus