Selamat Datang Di Kota Lhoksukon, Mari berbagi Ilmu dan Berita

Kamis, 13 September 2012

Cara Menghapus Virus Shortcut Di Komputer/Laptop/Netbook/Flashdisk

Pada kesempatan ini saya akan mencoba sedikit cara mengatasi/menghilangkan Virus Shortcut dan variannya di Folder Harddisk/Flashdisk/External Disk.
Tips ini bisa juga untuk mengembalikan data/folder yang secara otomatis di hidden oleh virus tersebut atau juga bisa menghapus dan menghilangkan folder yang sudah berubah menjadi Shortcut yang penyebabnya tidak lain akibat dari ulah virus komputer yang dinamakan Virus Shortcut. 
 
 
 
 Ada dua alternatif untuk menghilangkan virus shortcut tersebut.

Alternatif pertama :
Kabar baiknya bahwa antivirus lokal Smadav 8.4 keatas dapat membersihkan jenis virus shortcut dan semua variannya yang bersembunyi di komputer sampai tuntas keakar-akarnya.
Anda tinggal mendownload Smadav tersebut disini 
 
Alternatif kedua, langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Masuk command prompt dengan cara klik [Start] sehingga muncul kotak [Run..] atau [Search]
  • Pada kotak dialogs [Run..] atau [Search] ketikan CMD lalu [Enter] dan kotak Command Prompt akan terbuka
  • Lalu dalam jendela command prompt tadi ketik nama drive-nya misalnya F: lalu [Enter], Maka akan muncul drive yang akan dibuka proteksi hiden foldernya. Contoh diatas berada pada drive F: ( ini disesuaikan dengan drive tujuan pada komputer anda )
  • Langkah selanjutnya ketik perintah “attrib –s –h *.* /s /d” pada layar Command Prompt (tanpa tanda petik & harus diketik/jgn dicopy paste) lalu tekan [Enter], proses akan berjalan beberapa detik
  •  Setelah selesai, coba buka drive-nya dan….alhamdulillah virus shortcut hilang & folder data kembali seperti semula

Catatan : Apabila folder shortcut nya tidak hilang juga, maka dapat dilakukan dengan menghapus manual dengan cara menekan tombol delete untuk menghapusnya, jikalau ingin menghapus secara permanen anda tinggal menekan tombol Shift + delete secara bersamaan.

nah sekian dulu, semopga bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar